Senin, 08 Maret 2010

Plagiarisme

Plagiarisme adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.
Pertanyaan selanjutnya yang timbul adalah penting gak sih plagiat atau plagiarism ?
Dalam dunia pendidikan plagiat merupakan suatu masalah yang sangat penting dan dianggap suatu tindakan yang memalukan dunia pendidikan. Hal ini karena hampir beberapa tahun kita bergelut dalam dunia keilmiahan, disana kita akan diajarkan untuk membuat hipotesis atau kesimpulan berdasarkan penelitian ilmiah yang kita lakukan sendiri, sehingga kita akan belajar menghargai suatu karya orang lain.
Plagiat dapat juga dianggap sebagai tindakan pidana karena dapat disamakan dengan tindakan mencuri apalagi apabila sumber yang dicuri tersebut sudah mendapat hak paten dari institusi yang berwenang.
Dalam dunia maya atau internet plagiat tetap menjadi masalah yang serius namun didunia maya plagiat sedikit lebih longgar daripada didunia pendidikan. Hal ini karena sebagian besar plagiat banyak ditemukan pada situs-situs free domain yang hanya merupakan situs-situs yang bersifat pribadi, sehingga sumber yang dirugikan tidak begitu mempermasalahkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar